Friday, January 26, 2018

2017 : An Overview

Heyho! I finally back on my blog. Kalau dipikir-pikir mulai pertengahan 2017 ke belakang sudah sedikittt banget nulis blognya. Overall, tahun 2017 cuma nulis 3 post! OMG. I somehow forgot my 2017 resolution untuk setidaknya menulis satu post setiap bulannya. Well... time flies. Sekarang sudah masuk ke 2018 dan bahkan bulan Januari tanpa terasa sudah mau habis aja. Berasa banget gak sih kayak tiba-tiba waktu berjalan begitu cepatnya alias numpang lewat doang dan kita ngerasa, "Duh, kok hidup gue masih begini-begini aja yak." Well. Gue juga belakangan ini selalu merasa demikian.

Untuk memulai post di tahun 2018 ini, gue ingin sedikit flashback ke 2017. Let's make somekind of 2017 overview. Seperti yang sudah gue prediksi sebelumnya, 2017 ini temanya mungkin: bingung dan bimbang. Banyak banget kebingungan dan kebimbangan yang gue alami di berbagai aspek kehidupan gue. Mulai dari mempertimbangkan untuk ambil S2 atau engga, resign atau stay di sini, dan lain-lain. Tapi terlepas dari berbagai kebingungan di 2017, I gained lots of experience. Many blessings, new friends, more me-time, more travel-time.


Tuesday, September 12, 2017

The World of Ghibli Jakarta Exhibition : Meet Totoro in Real Life!

Hi readers! I'm finally back to blog again after a looongg hiatus :D *maafkan ya karena kesibukan gue yang bikin otak mampet buat sekedar nulis-nulis di sini*. Well, di postingan kali ini gue ingin sharing tentang pengalaman gue ke exhibition The World of Ghibli Jakarta pada tanggal 31 Agustus 2017 yang lalu di Grand Ballroom Ritz Carlton Pacific Place Jakarta. Buat yang masih awam, mungkin bakal bertanya-tanya, apaan sih Ghibli itu?


Studio Ghibli
Singkatnya sih, Studio Ghibli ini ibarat Disney-nya Jepang. "Studio Ghibli, Inc. (株式会社スタジオジブリ Kabushiki-gaisha Sutajio Jiburi) adalah sebuah studio film animasi yang berbasis di Koganei, Tokyo. Studio ini telah menelurkan film-film animasi berkualitas sejak tahun 1984. Beberapa judul film animasi legendarisnya di antaranya adalah : Spirited Away, My Neighbor Totoro, Princess Mononoke, Kiki's Delivery Service, Castle in the Sky, Grave of the Fireflies dan masih banyak lagi. Film Spirited Away bahkan diganjar Piala Oscar di tahun 2003 sebagai film animasi terbaik. Gak cuma filmnya yang punya value yang bagus, tapi gue personally juga suka sama soundtrack-nya. Terutama One Summer Day-nya Joe Hisaishi yang jadi soundtrack Spirited Away.

Sebagai penikmat budaya Jepang, tentu gue gak mau ketinggalan acaranya dong. Gue sampe bela-belain cuti sehari dari kantor khusus buat dateng ke acara ini xD. Gue pikir lumayanlah ya sebelum bener-bener bisa mengunjungi Museum Ghibli yang asli di Mitaka, Jepang. Rangkaian acaranya sebenernya udah mulai sejak bulan Mei yakni dimulai dari pemutaran film-film Ghibli di bioskop-bioskop.


Thursday, June 29, 2017

Museum Nasional Indonesia : An Educational Day Out

"Real museums are place where time transformed into space." - Orhan Parmuk

It's summer time and everyone seems to be out-of-town due to Eid (Lebaran) holiday. So I think it was the best time to explore my own hometown: Jakarta. Me and my friend decided to take an educational day out by visiting National Museum Indonesia or popularly known as Museum Gajah (Elephant Building). For a person who always has a "thing" for history like me, I was very excited. We went there using free city tour bus that has been provided by Jakarta's government (big thanks to Pak Ahok, former Jakarta Governor who started this cool idea). Started from Istiqlal Mosque, we rode this double-decker bus. We managed to seat on the top level of the bus. Due to Lebaran holiday, this bus was full-packed with family who brought along their children. So you know, it was kinda noisy with children's nagging, curiosity and most of all : CRYING hahaha. I think the city tour bus is a good thing but it would be better if this bus has a guide that can explain a little about Jakarta's history or at least they can play an audio telling the passengers along the route. Because dude, so many children asking what and why, but their parents cannot give a clear explanation. 

Jakarta City Tour bus
Picture taken from Google

Jakarta during Lebaran week is like a heaven, I must say hahaha. The only time where no traffic exists anywhere. Another thing to be grateful is I get to see a rare view of Jakarta: A CLEAR SKY OF JAKARTA!

Jakarta's skyscrapers and clear sky : MAJOR LOVE!
Credits to : eugeniasepthariani.blogspot.com

Semanggi area
Credits to : eugeniasepthariani.blogspot.com

Selamat Datang statue and Bundaran Hotel Indonesia
Credits to : eugeniasepthariani.blogspot.com

In total we spent almost 1 hour doing Jakarta sight-seeing tour using this bus. I didn't expect that the enthusiasm of people visiting Jakarta's recreational spots were still high. We planned to explore Jakarta from museum to museum but in the end, we got the chance to visit National Museum ONLY haha. We should come earlier next time then. So here we go, a little review from me about National Museum Indonesia:

Museum Nasional
Picture taken from Google